Analisa situs e-commerce seperti situs ford, Dell dan Amazon

TUGAS SISTIM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Analisa situs e-commerce seperti situs ford, Dell dan Amazon dari segi kekuatan dan kelemahannya.

Sejarah Singkat E-Commerce
Penerapan electronic commerce bermula di awal tahun 1970 an, dengan adanya inovasi semacam electronic fund transfer (EFT). Akan tetapi, tingkat aplikasinya hanya terbatas pada perusahaan-perusahaan besar, lembaga keuangan, dan segelintir perusahaan kecil yang nekat. Lalu muncullah Electronic Data Interchange (EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemrosesan transaksi lain serta memperbesar jumlah perusahaan yang berperan serta, mulai lembaga-lembaga keuangan hingga perusahaan manufaktur, ritel, layanan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi lain kemudian menyusul, yang memiliki jangkauan dari perdagangan saham hingga sistem reservasi perjalanan.
Pada saat itu, sistem tersebut disebut sebagai aplikasi telekomunikasi yang nilai strategisnya sudah dikenal secara umum. Dengan adanya komersialisasi internet di awal tahun 1990-an, serta pesatnya pertumbuhan yang mencapai hingga jutaan pelanggan potensial, maka muncullah istilah electronic commerce (E-Commerce), yang aplikasinya segera berkembang denga pesat. Pusat Riset E-Commerce di Universitas Texas yang mempelajari 2000 perusahaan internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah E-Commerce, yang naik sampai 72 % dari $99,8 milyar menjadi $171,5 milyar. Pada tahun 2002, diatas satu triliun dolar pendapatan dihasilkan dari Internet.
Aplikasi perangkat lunak komputer dan Internet telah berkembang pesat pada dasawarsa ini, demikian pula dengan aplikasi web dan browser internet maupun intranet. Aplikasi E-Commerce telah lama berkembang diawali dengan EDI (Electronic Data Interchange) yang telah berkembang dalam lingkup internasional. Dalam makalah ini diuraikan mengenai arsitektur sistem, tool dan konfigurasi yang diperlukan untuk mengimplementasi aplikasi web e-commerce, konsiderasi masalah keamanan sistem, juga perancangan dari sisi diagram alur aplikasi dan perancangan basis data. Digunakan bahasa perograman PHP karena kemudahan dalam perograman, dan kelengkapan fitur untuk mengimplementasi sistem e-commerce, kemampuan untuk cross platform, serta kemudahan untuk deployment bagi pengembang aplikasi.
Definisi E-Commerce ( Electronic Commerce) : E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .Proses yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
a.Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
b.Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
c.Otomasi account Pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
d.Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi
Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E- commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
e. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang
biayanya lebih murah.
f. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya
pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
g.Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik /
pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
h.Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Arsitektur dan Konfigurasi Sistem
Arsitektur dasar dari aplikasi web ini adalah arsitektur client/server. Artinya peroses aplikasi ini dijalankan melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi client. Hal ini berbeda dengan misalnya aplikasi Microsoft Word yang hanya melibatkan satu sisi saja yaitu sisi client. Atau bagi pengguna mesin VAX yang hanya menggunakan sisi server saja sedangkan sisi client hanya dumb terminal saja yang tidak melakukan pemrosesan apapun di sisi client.

Stateless Web Server.
Untuk aplikasi E-Commerce ini web server harus dapat mengingat siapa / identitas pengguna yang sedang melakukan browsing setiap halaman. Pada dasarnya aplikasi web dan protokol HTTP adalah stateless. Artinya setiap merespon sebuah request HTTP, server akan selesai bekerja (complete) dan tidak melakukan pencatatan apa yang telah dilakukan oleh pengguna sebelumnya dan terhadap siapa identitas pengguna. Server memperlakukan informasi permintaan (request) secara serial, satu persatu pada saat request masuk. Tidak ada koneksi permanen (persistence) yang berjalan setelah sebuah halaman telah selesai dilayani / dikerjakan.

Perbandingan State dalam Sistem Aplikasi:
A.State yang kontinyu dalam aplikasi desktop, dan
B.Stateless protokol dalam aplikasi web
Agar sebuah situs web mempunyai memori / state, dalam hal ini aplikasi ini mampu mengingat ‘siapa memesan apa’, beberapa informasi yang mengidentifikasi pengguna harus dikirim dengan setiap request halaman web. Informasi tersebut disimpan dengan menggunakan session.
Session tersebut dipergunakan untuk merekam / tracking aktivitas pengguna yang melalui sejumlah halaman pada website, misalnya pada jenis aplikasi Shopping Cart (kereta belanja). Direkam pula informasi identitas pengguna yang memiliki kereta belanja tersebut.
Dengan PHP, untuk penggunaan session ini mula-mula dilakukan pengaturan pada file php.ini yang menunjukkan session dimulai (start). Dengan ini PHP akan membuat suatu identifier unik dan file yang berkaitan, yang disimpan di server (lokasinya di atur di php.ini dan nilai defaultnya di direktori /tmp). Kemudian pada saat pengguna berkunjung pada halaman-halaman situs web, semua informasi variabel yang dipilih oleh pengguna akan disimpan dalam file pada server, dan semua script yang dibutuhkan untuk melacak sebagai identifier unik. Implementasi session dapat mempergunakan cookie yang disimpan pada sisi client, atau dipropagasikan melalui alamat URL. Untuk penggunaan cookie, yaitu dengan passing variabel melalui cookie yang menyimpan informasi semua elemen barang belanja dan harganya. Namun hal ini memiliki keterbatasan yaitu dari (http://www.netscape.com/newsref/std/cookie_spec.html) mengenai spesifikasi cookie yang hanya mengijinkan 20 cookie per domain dan berukuran hanya 4 bytes per cookie. Cara lain adalah dengan memberi identitas / identifier unik pada masing-masing pengguna, suatu nilai unik yang mengidentifikasi siapa pengguna tersebut. Sehingga pada saat pengguna menambahkan satu item pada kereta belanja, informasi yang berkaitan dengan identifier unik tadi disimpan di komputer server. Jika menggunakan cookie untuk fungsi penyimpan informasi tadi, diperlukan membuat string unik yang akan diletakkan dalam cookie, dalam direktori di server akan terdapat sebuah file yang memiliki nama yang sama sebagai ID pengguna yang unik. Dalam file tersebut dapat disimpan semua variabel yang berkaitan dengan pengguna. Contohnya terdapat array berisi item-item barang yang ditambahkan oleh seorang pengguna ke dalam kereta belanjanya. Terdapat keterbatasan penggunaan cookie, yakni bila browser pengguna di atur untuk menolak (reject) cookie. Metode lain yang dapat digunakan adalah dengan propagasi URL, yaitu dengan mengaktifkan flag –enable-trans-sid dalam konfigurasi PHP, hal ini berguna agar session id akan secara otomatis ditambahkan ke setiap relative link pada halaman-halaman web setiap kali session telah dimulai.
Konfigurasi Sistem dan Tool Yang Digunakan.
Masalah lain dalam aplikasi ini adalah mengenai aspek keamanan dalam memperoleh informasi dari pengguna, terutama data mengenai penggunaan kartu kredit. Informasi ini perlu diverifikasi oleh institusi yang berkualifikasi dan memerlukan pengaturan konfigurasi serta penggunaan beberapa macam tool. Dalam membangun aplikasi ini dipergunakan algoritma untuk memelihara (maintain) state, pengambilan informasi secara secure terhadap kartu kredit, menggunakan kode pemrograman khusus dan penggunaan opsi instalasi khusus.
Di bawah ini akan dibahas mengenai teori dasar enkripsi dan sekuriti Web. Kemudian akan dibahas tool mandatory untuk instalasi web server Apache.
Enkripsi Public-Key / Private-Key .
Mesin di web menggunakan skema keamanan Public-key/Private-key. Artinya komputer yang akan berkomunikasi menggunakan data terenkripsi harus memiliki dua buah kunci untuk mengenkripsi data dan mendekripsinya. Pertama, public-key tersedia bagi siapa saja yang ingin melakukan komunikasi terhadapnya. Sehingga siapapun yang ingin melakukan komunikasi terhadap sebuah mesin secara secure akan memiliki salinan dari Public key mesin tersebut. Namun public key ini tidak cukup untuk dapat mendekripsi data, masih dibutuhkan Private key yang bersifat rahasia. Misalnya pada pemrosesan kartu kredit dengan sebuah bank, nasabah memiliki Public key bank tersebut dimana ia dapat melakukan dekripsi informasi, namun masih diperlukan Private key yang disimpan oleh bank tersebut, untuk dapat melakukan dekripsi data.

Pengiriman Data Terenkripsi antara Pengguna dengan Server E-Commerce
Sertifikat.
Meski masalah keamanan sudah ditangani dengan keberadaan Public key / Private key, masih ada masalah yang perlu diperhatikan yakni pesan / data yang diperoleh adalah benar dari pihak yang memiliki otorisasi, bukan dari pihak lain yang tidak berkepentingan atau yang menyalahgunakan. Untuk itu dibutuhkan pihak ketiga untuk memverifikasi pesan yang datang.
Pesan terenkripsi yang dikirim dan diterima akan memiliki semacam ‘signature’, dan verifikasi selanjutnya dilakukan terhadap ‘signature’ tersebut. Untuk itu, organisasi yang akan mempergunakan komunikasi melalui web memerlukan kerjasama dengan organisasi lain yang mengeluarkan sertifikat yang memverifikasi pengirim pesan. Organisasi ini pulalah yang memberikan Publik key dan Private key. Salah satu contoh organisasi yang menerbitkan sertifikat sekuriti adalah VeriSign.
Secure Protocol.
Protokol HTTP secara alamiah bersifat terbuka terhadap penyusupan. Paket-paket data yang melintas melalui router Internet dapat disadap dan dibaca. Namun informasi kartu kredit diinginkan agar tidak mudah terbaca. Untuk itu dibutuhkan penggunaan Secure Socket Layer atau SSL. SSL adalah protokol tambahan dimana key dan sertifikat dari suatu situs e-commerce akan ditransfer ke browser atau ke server lain. Melalui SSL, browser akan dapat memverifikasi sertifikat dari situs tersebut sehingga dapat mengetahui identitas pengirim sebenarnya. Tata cara enkripsi ini masih mengandung kelemahan yakni pada aspek sumber daya manusia apabila kurang jujur, yakni apabila terjadi akses tidak sah dilakukan oleh orang yang sudah berada dalam sistem.
Enkripsi dan Tool Sekuriti.
Untuk web server Apache, ditambahkan modul SSL pada saat instalasinya.
dapat melakukan autorisasi kartu kredit, diperlukan sertifikat. Contoh yang paling sering digunakan adalah VeriSign, yang memiliki layanan PayfloPro.
Setelah Apache dikonfigurasi dengan SSL, maka website aplikasi dapat berkomunikasi dengan browser secara secure. Cirinya: URL dimulai dengan https:// , browser akan mencari Port 443 dan mencari serifikat. Dalam PHP, banyak fitur yang dapat digunakan untuk dapat berhubungan dengan situs lain. Misalnya fungsi fopen(). Namun fungsi-fungsi berhubungan dengan filesystem atau URL tidak mendukung bekerja dengan SSL, sehingga diperlukan kumpulan fungsi khusus atau program diluar PHP. Opsi-opsi dalam PHP4 dapat mendukung layanan proses pembayaran.
E-COMMERCE
Menurut Rayport dan Jaworski (2004, p4) ecommerce adalah pertukaran yang dimediasi oleh teknologi antara beberapa kelompok (individual atau organisasi) secara elektronik berbasiskan aktivitas intraorganisasional atau interorganisasional yang menfasilitasi pertukaran tersebut. Berdasarkan pendapat Awad (2002, p3-4) e-commerce adalah pemasaran, pembelian, dan penjualan produk atau jasa pada Internet. Schneider (2004, p2)mendefinisikan e-commerce sebagai penggunaan transmisi data elektronik untuk mengimplementasikan atau meningkatkan nilai proses bisnis.
KERANGKA ANALISIS KESEMPATAN PASAR
Pada saat awal berdirinya tahun 1986 PT IRD memproduksi dan menjual kain-kain elemen dekorasi jendela seperti vitrage dan gorden, seiring berjalannya waktu PT IRD memperbanyak jenis produk yang dijualnya antara lain: rail, wallpaper dan aksesoris. Sebelum dilakukan perancangan ecommerce untuk PT IRD dilakukan analisis untuk melihat apakah PT IRD dapat memanfaatkan ecommerce dalam menjalankan bisnisnya.
a. Mengidentifikasikan Kebutuhan Pelanggan yang belum terpenuhi menunjukkan proses pembelian yang sedang berjalan.

Keunggulan
Dengan adanya interaktivitas, operator situs dapat memperoleh umpan balik yang lebih baik – dari segi kualitas maupun kuantitas. Kualitas feedback diperoleh melalui bentuk masukan yang terstruktur, seperti penilaian produk yang berupa pilihan ganda ataupun komentar produk yang berupa freeform text. Struktur yang diberikan memungkinkan operator situs mendapatkan informasi yang lebih berharga ketimbang hanya bergantung pada feedback lewat e-mail. Selain itu, ditampilkannya berbagai masukan dari pengunjung tertentu akan memotivasi pengunjung lainnya untuk turut memberikan pendapatnya, yang pada akhirnya akan semakin menambah pengetahuan semua pengunjung dan solidaritas komunitas. Gabungan antara content yang selalu diperbaharui dengan kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain membuat pengunjung akan cenderung datang kembali.

Pada gilirannya, hal ini memberikan efek positif terhadap retensi pelanggan dan jumlah penjualan; tentu saja apabila didukung dengan layanan penjualan yang baik. Adanya sense of belonging yang terdapat pada komunitas tentunya akan meningkatkan intensitas pemasaran ‘dari mulut ke mulut’ (atau tepatnya, ‘dari keyboard ke keyboard’). Anggota komunitas akan cenderung menyarankan kenalan maupun saudara yang mempunyai ketertarikan yang sama untuk ikut bergabung. Sebagai bagian dari masyarakat komunal, orang Indonesia lebih mempertimbangkan saran seseorang yang telah mereka kenal. Selain itu, tingkat kepercayaan mereka terhadap kenalan cenderung lebih tinggi. Sistem keanggotaan pada situs e-commerce memungkinkan pertumbuhan situs diukur berdasarkan revenue per member, yaitu jumlah total pemasukan dibagi dengan jumlah total anggota. Parameter ini lebih akurat ketimbang besaran-besaran lain yang umumnya digunakan.
Dell.com
Dell adalah pembuat komputer yang sudah terkenal sejak dahulu dengan teknik direct-selling nya. Teknik ini berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh vendor-vendor lainnya, yaitu Anda tidak akan menemui komputer Dell di toko-toko. Anda hanya bisa membelinya dengan menelpon mereka.
Ketika Internet mengalami booming sekitar tahun 1994-1995, mereka melihat peluang besar untuk meraup keuntungan. Mereka membangun website Dell.com yang memungkinkan customer mereka untuk memilih-milih sendiri bagian-bagian komputer yang diinginkan, dan lalu Dell akan merakit dan mengirimkannya.
Teknik ini terbukti sangat sukses. Baik penjualan komputer maupun saham Dell setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang sangat besar, ketika vendor-vendor lainnya seperti Compaq, AST, CompUSA, Packard-Bell, dan lain lain mengalami kesulitan dengan cashflow dan banyak bahkan terpaksa gulung tikar.
Keberhasilan mereka terutama karena efisiensi biaya ? mereka menekan jumlah uang yang diam tertanam di stok barang, karena mereka baru merakit komputer jika ada pesanan, tidak perlu sampai dipajang berbulan-bulan lamanya di toko. Dan juga mereka tidak kena biaya showroom dan SDM untuk mengelolanya.
Ini semua memungkinkan mereka untuk merakit komputer yang murah harganya. Ditambah dengan reputasi komputer mereka yang sangat bagus, maka para customer berbondong-bondong membeli komputer mereka.
Jeff Bezos mendirikan Amazon.com, Inc. in 1994 and meluncurkan secara online pada 1995. Ia mulai sebagai toko buku on-line tetapi untuk segera diversifikasi lini produk dari VHS, DVD, musik CD dan MP3, perangkat lunak komputer, video game, elektronik, pakaian, mebel, makanan, mainan, dll. Amazon terpisah dalam situs Kanada, di Kerajaan Inggris, Jerman, Perancis, Cina, dan Jepang. Ia juga menyediakan pengiriman internasional ke beberapa negara tertentu untuk produk-produknya.
Pada tanggal 15 Januari 2009, sebuah survei yang diterbitkan oleh putusan Penelitian Amazon telah menemukan bahwa di Inggris dan video musik favorit pengecer, dan menjadi peringkat dalam peringkat keseluruhan ritel.

Sejarah dan Model Bisnis
Perusahaan dimulai sebagai sebuah toko buku terbesar dan katalog mail-order untuk buku mungkin bisa menawarkan 200.000 judul, sedangkan sebuah toko buku on-line dapat menawarkan lebih banyak. Perusahaan Bezos bernama “Amazon” .Sejak tahun 2000, Amazon merupakan “panah “ terkemuka dari A sampai Z, mewakili kepuasan pelanggan dan memiliki tujuan untuk setiap produk.
Pada tahun 1994, perusahaan berbadan hukum di negara bagian Washington, dan di awal Juli 1995 diterapkan sistem on-line, dan pada tahun 1996 bekerjasama dengan Dhelaware. Buku pertama yang dijual Amazon.com adalah Douglas Hofstadter ‘s Fluid Konsep dan Kreasi Analogies: Komputer Model dari Fundamental Mekanisme dari Pemikiran. Amazon.com go public dengan penawaran awal terjual pada 15 Mei 1997,

perdagangan di bawah NASDAQ simbol AMZN pasar saham, pada IPO harga US $ 18,00 per saham (1.50 $ setelah tiga Splits stok pada akhir tahun 1990-an). Amazon berawal dari rencana bisnis yang tidak biasa, perusahaan tidak mengharapkan keuntungan untuk empat sampai lima tahun. Amazon terus berkembang pada akhir tahun 1990-an, sementara perusahaan-perusahaan Internet lainnya berkembng lebih cepat. Amazon yang berjalan terkesan “lambat” kemudian menimbulkan keluhan dari pemegang bahwa perusahaan itu tidak mencapai profitabilitas cukup cepat. Ketika dot-com bubble burst, dan banyak e-commerce keluar dari bisnis, Amazon.com bertahan, dan akhirnya, mendapat keuntungan dalam kuartal keempat tahun 2001 sebesar $ 5 juta, hanya 1 ¢ per saham pada pendapatan lebih dari $ 1 milyar, namun keuntungan secara simbolis penting.
Perusahaan tetap menguntungkan, dapat dilihat pada tahun 2003 laba bersih adalah $ 35,3 Pada tanggal 21 November 2005, Amazon memasuki S & P 500 indeks, menggantikan AT & T setelah bergabung dengan SBC Communications. Pada tanggal 31 Desember 2008, Amazon memasuki S & P 100 indeks, menggantikan Merrill Lynch setelah diambil alih oleh Bank of America.
Lini Produk
Amazon telah mantap berkembang menjadi penjualan ritel musik CD, videotapes dan DVD, perangkat lunak, elektronik, barang-barang dapur, alat-alat, rumput dan taman item, mainan & permainan, produk bayi, pakaian, barang olahraga, makanan gourmet, perhiasan, jam, kesehatan dan pribadi-item perawatan, produk kecantikan, alat-alat musik, pakaian, & ilmiah pasokan industri, bahan makanan, dan banyak lagi.
ANALISIS PESAING
Berdasarkan penelitian tahunan The State of Retailing Online 6.0, studi tahunan Shop.org yang dipimpin oleh Forrester Research oleh lebih dari 130 peritel, penjulan ritel secara online melonjak sampai $76 miliar di tahun 2002, meningkat 48% dari tahun sebelumnya. Penjualan online mencapai 4,5 persen dari total penjulan ritel di tahun 2003, menigkat 3,6persen ditahun 2002 dan 2,4 persen ditahun 2001. Penjulan ritel secara online meningkat 26 persen di tahun 2003 menjadi $96 miliar. Berdasarkan penelitian, beberapa katagori produk telah mencapai penetrasi dua digit dari total penjualn ritel ; 32 persen penjualn online peranti keras dan lunak computer;17 persen penjualan online tiket perlombaan; dan 12 persen penjualn online’buku. Tahun 2003, 9 katagori melebihi penetrasi 5 persen dibandingkan dengan 7 katagori lainnya ditahun 2002.
Sehubungan dengan rendahnya tingkat rintangan untuk mengakses, Amazon.com akan selalu mendapatkan persaingan yang ketat, terutama dari perusahaan-perusahaan offline yang akan menjadi perusahaan online. Sampai saat ini, peritel brick-and-mortar jarang menunjkkan strategi
BARNES & NOBLE
Barnes & Noble adalah penjulan buku terbesar di AS, dengan 868 toko buku pada 15 September 2003. Melalui 75 persen kepemilkikan di Barnes& Noble.com,inc, perusahaan juga merupakan salah satu penjulan buku online terbesar. Bahkan, melalui 63 persen kepemilkikan di GameStop Corp.,Barnes& Noble mengoprasikan 1.393 video game dan took peranti lunak hiburan. Barnes & Noble mengoprasikan 886 toko buku dibawah label Barnes & Noble, Bookstop, Bookstar, serta 258 toko beroprasi di bawah label B. Dalton Bookseller, Doubleday Book Shops, dan Scribner’s Bookstore.
Sejak pembukaan buku online-nya pada bulan Maret 1997, Barnes & Noble.com memperoleh laba dari 14,4 juta pelanggan di 230 negara. Bornes & Noble.com menawarkan kepada pelanggan tentang pengiriman order yang cepat, mudah, aman, dan penuh muatan informasi. Berdasrkan JupiterMedia Matrix dibulan desember 2002, situs Barne & Noble merupakan situs
pembelanjaan terbesar ke-9 di antara 50 Web di Internet. Pada kuartal keempat tahun 2002, bornes & noble memperoleh peringkat tiga beasr dalam hal kepuasan pelanggan, bersaing dengan 90 perusahaan yang terdapat dalam indeks Kepuasaan Konsumen Amerika , survey sikap konsumen yang dilakukan oleh Universitas Michigan per kuartal. Sebagai tambahan, barnes & noble.com memilki sekor 87 dari 100, peningkatan 6,1 persen lebih beasr dari tahun sebelumnya dan 13 persen lebih besar dari tiga tahun terakhir.
Pada bulan September 2003, perusahaan memperoleh 36,8 persen kepemilikan atas Bertelsmann untuk $164 juta. Sebagaiman hasil dari akuisisi Babbage’s Etc. dan Funco pada bulan Oktober 1999 dan Juni 2000, Barnes & Noble mereupak peritel khusus video games dan peranti lunak hiburan terbesar di AS. Perusahaan menerbitkan buku dibawah label Barnes & Noble Books, untuk penjulan eksklusif melalui took ritel dan catalog order suratnya Bulan Januari 2003, Barnes& Noble merupakn penghasilan dari Sterling Publishing Co., Inc., penerbitan utama buku terbesar $126 juta.
Penjulan tahun 2002 meningkat 4,5 persen menjadi $422,8 juta dari $404,6 juta pada tahun sebelumnya. Perusahaan mengharapkan penjulan bersih berada pada kisaran $430 juta dan $470 juta untuk akhit tahun 2003. Laba kotor tahun 2002 meningkat menjadi $95,6 juta dari $91,2 juta akibat peningkatan 4,5 persen penjualan bersih.
Ebay
eBay merupakan World’s Online Marketplace untuk penjulan barang dan jasa oleh komunitas individu dan bisnis yang berbeda. Saat ini, komunitas eBay menerima 10 juta anggota dari seluruh dunia. Masyarakat memanfaatkan waktunya untuk eBay dibandingkan dengan situs online lainnya, menjadikannya tujun belanja yang paling popular di internet. Pada suatu hari, terdapat lebih dari 16 juta barang yang ditunjukkan eBay dengan 27.000 katagori. Tahun 2002, anggota eBay melakukan teranskasi $14,87 miliar dalam penjualn kotor barang dagangannya.
Orang- orang mengunjungi marketplace eBay untuk membeli dan menjual barang dangan berbagai katagori, termasuk barang-barang seni dan antic, buku, bisnis dan industri, mobil dan kendaraan lain, baju dan aksesotis, koin, barang-barang untuk dikoleksi, kerajinan tangan, boneka, elektronik dan computer, perlengkapan rumah, perhiasan dan jam tangan, film dan DVD,musik, instrument musik, keramik dan gelas, real estat, perlengkapan olahraga dan souvenir, stempel, tiket, mainan, dan travel.
dan Inggeris. Sebagai tambahan, eBay telah hadir di Amerika Latin dan Cina melalui Investasi di MercadoLibre.com dan EachNet. eBay menawarkan berbagai keunggulan jasa yang memungkinkan para anggotanya untuk membeli dan menjual dengan cepat dan nyaman melalui situs. Pembeli memilki pilihan untuk membeli barang di format model lelang atau barang juga dapat dibeli dengan harga yang tidak bisa ditawar melalui keunggulan yang disebut dengan But-it-now. Sebagai tambahan, barang pada harga “mati”juga tersedia di half.com, sehubungan perusahaan eBay.

KEKUATAN DAN KELEMAHAN INTERNAL
Kekuatan
• merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur.
• Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan.
• Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di seluruh dunia.
• Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
• penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya.
• berhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merek.

Kelemahan
• Amazon tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat

layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti transportasi, industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
• Amazon menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek.
• akumulasi defisit sebanyak $3 miliar (data tahun2005)
• Resiko inventori-musiman
• Supplier sedikit
• Pelanggaran data rahasisa informasi pelanggan
• Amazon merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi pelanggan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s